Manhole Cover

Sabtu, 04 Juli 2015

Mengenal Berbagai Jenis Manhole Covers

Manholes merupakan elemen konstruksi  yang sangat penting dengan banyak manfaat. Itu memungkinkan pekerja pemeliharaan untuk mengakses pipa bawah tanah dan garis telekomunikasi yang telah diletakkan di bawah jalan. Selain itu, fungsi utama manhole cover adalah untuk menutupi lubang drainase sehingga orang / kendaraan tidak terperosok ketika berjalan di atasnya.
Mungkin bagi banyak orang manhole cover akan terlihat sama saja, namun sebenarnya ada beberapa  jenis manhole cover yang membedakan satu sama lain seperti desain dan jenis bahan yang digunakan.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih manhole cover. Selain ukuran dari manhole cover, bahan yang digunakan juga sangat penting untuk bahan pertimbangan. Untuk memilih jenis bahan yang digunakan adalah tergantung dari seberapa banyak beban yang akan ditahan oleh manhole cover.  Saat ini, “composite material” adalah pilihan yang lebih baik karena kemampuan lebih baik dalam menahan beban dan lebih tahan lama daripada “cast iron” atau besi cor.
Ada tiga jenis composite manhole covers yang tersedia pada saat ini, seperti:

BMC Manhole Covers

BMC atau Massal Molding Compound adalah jenis material komposit yang digunakan untuk pembuatan BMC covers. Bahan yang digunakan dalam material ini adalah resin poliester tak jenuh, serat gelas, kalsium karbonat, trasys dan bar baja. Metode produksi sangat sederhana dan tidak memerlukan banyak biaya. BMC covers memiliki permukaan halus dan warna seragam mirip dengan plastic. Kelemahan dari BMC covers adalah tidak terlalu baik dalam menahan beban dan lebih rentan terhadap gesekan.

SMC Manhole Covers















SMC or Sheet Molding Compound adalah jenis lain dari bahan komposit yang digunakan untuk sintesis SMC covers. Bahan yang digunakan untuk membuat material ini adalah resin poliester tak jenuh, serat gelas, kalsium karbonat, trasys dan sejumlah kecil aditif. SMC covers memiliki permukaan yang halus dan memiliki kemampuan yang lebih baik menhan beban daripada BMC covers. Namun, seperti BMC covers, SMC covers juga rentan terhadap gesekan.


FRP or GRP Manhole Covers













FRP atau Fiber Reinforced Plastic adalah material terbaik untuk membuat manhole covers. Itu terbuat dari unsur-unsur seperti resin tak jenuh polyester, serat kaca, kuarsa dan dua jenis aditif. Metode pembuatannya juga cukup kompleks dibandingkan dengan BMC atau SMC covers. FRP manhole covers memiliki permukaan yang baik, yang tahan aus, dan memiliki kemampuan beban yang sangat tinggi, selain itu FRP juga lebih tahan lama daripada BMC dan SMC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar