Manhole Cover

Senin, 27 Juli 2015

Jembatan Suramadu dan Fakta Menarik didalamnya


Seperti yang kita tahu, tol merupakan jalan alternatif untuk mempersingkat jarak dari tempat kita menuju ke tempat tujuan. Dalam arus mudik dan arus balik yang terjadi pada tahun 2015 ini, banyak jalur yang menjadi titik kemacetan, salah satunya adalah Jembatan Suramadu. Total kendaraan yang melintas selama musim arus mudik dan arus balik pada Idul Fitri tahun lalu saja tercatat sebanyak 66.000 unit kendaraan.
Jembatan Suramadu merupakan jembatan mewah dan megah yang menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura yang melintasi selat Madura. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 2003 dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 2010.  Ada fakta menarik mengenai Jembatan Suramadu yang mungkin kita lewatkan. Ini dia beberapanya :

Diiklaim Kuat hingga 100 tahun
Dengan biaya pembangunan yang mencapai Rp 4,5 triliun dan menghabiskan 650.000 ton beton dan 50.000 ton besi baja, jembatan ini memang dirancang sekuat mungkin. Apalagi jembatan ini menghubungkan 2 pulau. Maka dari itu, si perancang berani mengklaim bahwa Suramadu akan mampu bertahan sampai 100 tahun.

Dari Surabaya ke Madura hanya 10 menit saja
Sebelum adanya jembatan Suramadu, warga yang akan pergi dari Surabaya menuju ke Madura atau dari Madura ke Surabaya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk menempuh perjalanan menggunakan kapal feri. Kini dengan Jembatan Suramadu, waktu yang ditempuh hanya 10 menit saja.

Dinobatkan Sebagai Jembatan terpanjang di Indonesia
Dengan panjang mencapai 5,43 km, Suramadu dinobatkan sebagai Jembatan terpanjang di Indonesia oleh MURI.

Jembatan Terpanjang ke 4 Se-Asia Tenggara
Selain terpanjang di Indonesia, Suramadu juga merupakan jembatan terpanjang ke 4 se-Asia Tenggara.

Dalam pembangunan infrastruktur, jembatan dan jalan tol salah satunya, membutuhkan banyak komponen di dalamnya. Salah satunya adalah Deck Drain. Deck drain merupakan komponen drainase untuk menyalurkan air dalam proyek jembatan dan flyover. Deck drain sendiri terbuat dari bahan material besi cor dengan proses pengecoran logam. Kami telah berpartisipasi menyuplai kebutuhan Deck drain dalam banyak proyek di Indonesia. Beberapa proyek tersebut yaitu Proyek jembatan Suramadu, jalan tol bali, dan proyek TOL JORR Jakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar